Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Tips Memilih Bandsaw Berkualitas Berdasarkan Kebutuhan

with 10 comments
Bandsaw adalah

Jadi 3 blok di sebelah timur rumah saya itu ada tempat pembuatan kapal nelayan dengan alat mesin pemotong kayu yang super besar, waktu kecil saya suka takjub setiap melihat tukang-tukang pembuat kapal mengoperasikan mesin bandsaw dengan gergaji yang sangat menyeramkan di mata anak kecil tersebut.

Tapi meski begitu, saya dan teman-teman tetap aja sering bermain di tempat tersebut, karena kami bisa mengambil bekas potongan kayu yang kecil-kecil untuk main "rawongan". Hayooo, ada yang tau nggak apa itu rawongan? Itu lho.. yang mainan orang-orangan dari kertas lengkap sama dress, tas, sepatu, kadang ada lemari dan sisir juga, nah sisa potongan kayu tersebut biasanya kami gunakan untuk tempat tidur, dapur, atau pembatas rumah mainannya.

Waktu kecil saya termasuk anak yang suka “berpetualang”, main ke gunung dekat rumah, ke alas, bahkan pernah menjelang waktu maghrib, saya masih kesasar di tengah laut sama kawan lama saya, bayangkan hari sudah mulai gelap, air laut sudah mau pasang, dan kami masih kehilangan arah di tengah-tengah laut, kalau nggak ketemu sama orang yang lebih dewasa waktu itu, mungkin saat ini saya nggak bisa deh ngoceh di blog kayak sekarang.

Jadi, bermain di tempat pembuatan kapal nelayan dengan deretan gergaji besar untuk memotong kayu juga sudah jadi hal biasa waktu dulu.

Kawan Lama masa kecil memang selalu membawa kenangan lama yang menyenangkan, apa itu insecure karena bunyi token listrik, taunya kita hanya main dan main. Seseru itu.

Mesin bandsaw berkualitas

Kawan Lama dan Bandsaw Mesin Pemotong dengan Gergaji Pita

Sebenarnya saya baru tau kalau mesin pemotong yang super besar itu namanya bandsaw. Dan ternyata gergaji yang digunakan juga macam-macam jenisnya, sesuai dengan bentuk kayu yang ingin dikerjakan. Wah, bahasan tentang mega bandsaw ini ternyata menarik juga, ya.

Seperti halnya saya, mungkin bagi kamu yang baru tau dan masih awam dengan alat-alat besar ini, akan penasaran, memang mesin bandsaw untuk apa sih? cara kerjanya bagaimana? gergaji sebesar itu apa nggak bahaya kalau dekat-dekat? Karena pertanyaan itu lah yang muncul di pikiran saya waktu kecil.

Dan setelah menelisik lebih jauh, saya merangkum beberapa informasi yang saya peroleh dari official website Kawan Lama yang merupakan perusahaan distribusi peralatan berat dan mesin industri terluas dan terkemuka di Indonesia, dengan tim insinyur berpengalaman yang bisa memberikan solusi terbaik dan mampu memenuhi permintaan industri.

Apa itu Mesin Bandsaw?

Bandsaw adalah mesin pemotong dengan menggunakan pisau atau gergaji pita yang panjang, cara kerja bandsaw adalah dengan bergerak berputar secara bolak-balik untuk memotong material yang ditempatkan di atas meja kerja untuk dipotong sesuai kebutuhan. Bandsaw bisa digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan, mulai dari pekerjaan konstruksi hingga pekerjaan kerajinan tangan.

Nah sudah agak jelas kan ya, apa itu bandsaw dan cara kerjanya bagaimana. Jadi bandsaw ini memiliki berbagai jenis model gergaji sesuai fungsi dan kebutuhannya juga.

Mega Bandsaw

Tips Memilih Bandsaw Sesuai Jenis dan Kebutuhan.

Memilih bandsaw yang tepat bisa menjadi hal yang membingungkan kalau kita nggak paham dengan fitur dan fungsi yang disediakan, karena ternyata ada berbagai model dan fitur yang tersedia di pasaran. Beberapa tips dalam memilih mesin gergaji kayu yang berkualitas berdasarkan jenisnya adalah:

1. Chainsaw, Mesin Gergaji untuk Kayu Balok

Merupakan jenis gergaji rantai yang berfungsi untuk memotong kayu balok seperti kayu pohon, kayu gelondongan, dan jenis kayu yang tebal dan keras lainnya. Bentuk dari pisau bandsaw jenis chainsaw adalah berupa rantai dengan gerigi yang tajam, di mana nantinya pisau tajam bergerigi tersebut akan berputar dengan kecepatan tinggi saat digunakan.

Mesin gergaji kayu jenis ini identik dengan pekerjaan kasar dan digunakan di lapangan seperti untuk menebang pohon atau memotong cabang-cabang pohon yang besar.

2. Jigsaw, Membentuk Ornamen Pada Furnitur

Bandsaw jenis jigsaw adalah gergaji mesin kayu yang memiliki pisau tipis dan bergerigi, cara kerjanya adalah dengan bergerak naik-turun secara cepat. Jenis mesin potong ini bisa digerakkan secara melingkar atau berliku pada kayu, plastik, atau logam tipis, jadi akan sangat cocok digunakan untuk pemotongan dengan detail dan bentuk yang rumit seperti membuat ukiran kayu yang tipis dengan presisi tinggi.

3. Circular Saw yang Cocok untuk Proyek Konstruksi

Merupakan jenis gergaji mesin kayu dengan pisau bergigi tajam, di mana cara kerjanya adalah dengan cara berputar secara cepat dan kuat. Jenis bandsaw ini efektif digunakan untuk potongan berbentuk lurus pada berbagai jenis kayu dan bahan lainnya. Penggunaannya sendiri biasanya untuk pekerjaan proyek konstruksi seperti pemasangan lantai atau tembok kayu, dan jenis pekerjaan proyek lainnya.

4. Scroll Saw, Ciptakan Karya Kerajinan Kayu dengan Lebih Detail

Scroll saw adalah jenis gergaji kayu dengan model khusus, dirancang untuk memotong kayu yang memerlukan presisi tinggi, jadi jenis bandsaw ini akan sangat cocok digunakan untuk mengukir kayu dengan detail yang rumit seperti pembuatan ukiran ornamen pada kayu, atau hasil karya dengan bahan kayu lain yang membutuhkan potongan lebih detail yang halus.

5. Miter Saw, Membuat Potongan Sudut Pada Kayu Lebih Presisi

Jenis bandsaw yang berfungsi untuk membuat potongan sudut dengan presisi tinggi pada kayu. Mesin potong kayu ini memiliki meja kerja khusus yang bisa diputar. Miter saw sendiri banyak digunakan untuk menghasilkan potongan sudut pada kayu secara tepat, di mana potongan ini biasanya diaplikasikan pada pemasangan molding atau pengerjaan proyek interior lainnya. 
Cara merawat mesin bandsaw

Pilih Bandsaw Berkualitas dari Kawan Lama

Setelah mengetahui berbagai jenis model dan fungsinya, selanjutnya tinggal kamu tentukan saja mesin bandsaw berkualitas seperti apa yang ingin kamu gunakan. Pertama mungkin kamu harus menentukan lebih dulu mana distributor yang menjual bandsaw berkualitas dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut;
  1. Pilih distributor bandsaw yang terbukti terpercaya dengan jaringan yang luas di seluruh Indonesia
  2. Pilih distributor bandsaw yang menyediakan tim insinyur yang berpengalaman dan solutif
  3. Pilih distributor bandsaw yang menyediakan banyak opsi jenis dan model mesin potong
  4. Pilih distributor bandsaw yang memiliki pelayanan after sale yang responsif
Setelah menemukan distributor yang memiliki kriteria di atas, kamu pasti akan bisa menemukan mesin bandsaw berkualitas yang kamu inginkan, tapi meskipun kamu beli mesin potong kayu berkualitas, tetap jangan lupa juga untuk membersihkan sisa-sisa potongan kayu secara berkala, biar mesinnya terawat, terjaga, jadi bisa awet. Untuk caranya sendiri kamu bisa searching ya di Google, bagaimana cara merawat mesin bandsaw yang benar.

Tapi untuk saat ini, salah satu distributor yang bisa memenuhi kriteria di atas adalah Kawan Lama yang merupakan platform penjualan alat mesin potong kayu, yang sudah terbukti berhasil membuka 19 cabang di Indonesia, dengan tim insinyur berpengalaman lebih dari setengah abad dalam menyediakan solusi industri terbaik di bidangnya.

Btw, ternyata keren banget ya, para tukang pembuat kapal nelayan di sebelah rumah saya yang bisa mengoperasikan mega bandsaw tersebut, karena pasti butuh keahlian khusus dalam menggunakannya. Ya bayangin aja harus mengontrol gerakan gergaji yang tajam dan super cepat seperti itu.

Wah.. panjang juga ya penjelasannya, dari bandsaw yang saya lihat waktu kecil, saya jadi tau kalau ternyata mesin potong kayu seperti itu tuh banyak banget jenisnya, fungsinya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Oke sekian dulu ya bahasan bandsaw kali ini, besok kalau uang saya sudah cukup buat bikin kapal nelayan sendiri, saya bakal balik lagi buat baca-baca ini, biar nggak salah pilih bandsaw buat motongin kayu balok bakal kapalnya XD






. . .

10 komentar:

  1. Yang ku tahu waktu masih kecil pemotong kayu itu cuma gergaji dan gergaji listrik rupanya jenis mesin pemotong kayu itu sangat banyak ya baca blog ini jadi penambah pengetahuan mengenai mesin kayu

    BalasHapus
  2. Owalah jadi jenis pemotong itu banyak juga ya. Peruntukannya juga beda-beda. Masuk akal sih soalnya pengolahan kayu menjadi barang jadi kan banyak banget jenis dan prosesnya. Informasi tentang distributornya juga bagus, siapa tahu bakalan butuh nantinya. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. kalau di makassar, Rawongan itu namanya bongkar pasang, Mbak hehehe.
    Dan kalau pakai bandsaw ini memang sangat membantu pekerjaan.memotong kayu bisa dalam jumlah banyak. pekerjaan jadi cepat selesai juga.

    BalasHapus
  4. baca Jigsaw inget film the saw, jadi ngilu bangeet...
    Baru tau kalau mesin pemotong kayu ini banyak jenisnya ya, kalau produk kawan lama biasanya udh trusted tuh

    BalasHapus
  5. Buat di industri atau rumah, punya mesin potong ini memiliki manfaat bagus ya. Tinggal cari dan pilih deh mana yang dibutuhkan di kawan lama

    BalasHapus
  6. Oalah jadi Kawan Lama bidang usahanya bikin bandsaw dan sejenisnya? Ini gedung kantornya yg di Jakarta Barat suka aku lewatin

    BalasHapus
  7. Ternyata namanya bandsaw, saya dulu sering mendengar suaranya kalau ada yang memotong pohon besar di hutan. Sangat membantu pekerjaan mereka yg menggunakan alat ini, agar awet kudu pilih produk di Kawan Lama.

    BalasHapus
  8. Aku tahu nih mesin pemotong kayu atau gergaji ini kalau biasanya ada di mebel atau pas ada tetangga yang motong pohon di kebunnya
    Emang ada serbuk yang berjatuhan itu

    Tapi biasanya selain buat mainan, serpihan itu kalau buat masak di tungku cukup anteng loh,
    Tapi ternyata bandsaw ini banyak pula jenisnya ya

    BalasHapus
  9. Saya tahu bandsaw ini dari adik yang dulu bekerja di perkebunan sawit di Kalimantan. Dia kebetulan juga punya tugas untuk membuka lahan baru. Jadi kerjanya masuk hutan dan mengikuti para buruh menebang pohon-pohon besar dengan bandsaw ini. Melihat foto-fotonya saya takjub banget. Apalagi jika membicarakan soal kekuatannya. Pohon besar tinggi dan tebal pun bisa runtuh dengan sandsaw.

    BalasHapus
  10. Ini yang saya cari nih waktu mau nebang pohon jambu
    Segala macam jenis gergaji saya beli tapi malah capek
    Seharusnya beli bandsaw dari Kawan Lama ya?
    yang pasti bisa membantu saya menyelesaikan masalah pohon jambu yang menjulur kemana-mana

    BalasHapus

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .