Personal Blog: Menuliskan Semua Kisah dan Ulasan tentang Gaya Hidup di Era Digital

About Me

Terapkan 6 Tips Ini agar Ruang Komunal di Hostel Nyaman!

with Leave a Comment
Desain ruang ruang tamu
Unplash

Salah satu bisnis yang sedang marak dibangun saat ini adalah hostel. Hal ini disebabkan oleh tingginya peminat terutama dari kalangan anak muda terhadap penginapan yang terjangkau dan simple.

Berbagai fasilitas biasanya dimiliki oleh penginapan ini. Salah satunya adalah ruang komunal. Supaya tamu yang menginap merasa semakin nyaman, maka berbagai tips di bawah ini dapat diterapkan.

Tips untuk Mendesain Ruang Komunal di Hostel

Ruang komunal adalah ruangan yang digunakan bersama. Contohnya adalah dapur dan kamar mandi bersama. Ada beragam tips yang bisa kamu pertimbangkan untuk mendesain ruang komunal, berikut di antaranya:

Gunakan Warna Netral

Salah satu tips yang bisa kamu terapkan adalah menggunakan warna netral seperti hitam, putih, beige, maupun abu-abu. Dengan demikian, kamu bisa mendekorasi ruangan dengan berbagai hiasan. Selain itu, warna netral adalah warna yang menenangkan.

Beragam motif dapat dipadukan dengan warna netral tersebut. Misalnya adalah polkadot pada tirai. Namun, usahakan agar motif tersebut tidak terlalu ramai sehingga membuat orang lain pusing saat melihatnya.

Utamakan Kualitas Furnitur

Salah satu kunci utama dalam mendesain ruang komunal adalah kualitas furnitur. Usahakan untuk menggunakan furnitur berkualitas baik karena dapat membuat ruang komunal menjadi lebih menarik.

Selain itu, furnitur berkualitas baik juga akan tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir akan risiko kerusakan dalam waktu dekat. Lalu, furnitur yang berkualitas juga dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya.

Letakkan Barang Secukupnya

Terkadang, pemilik hostel ingin meletakkan banyak barang ke suatu ruang komunal. Tujuannya adalah agar ruang komunal tersebut bisa membawa lebih banyak manfaat. Namun sebenarnya, hal ini dapat membuat ruang komunal menjadi terlihat penuh.

Oleh sebab itu, letakkan barang dengan jumlah secukupnya di ruang komunal. Pilihlah barang-barang yang sangat penting dan dibutuhkan saja untuk diletakkan di ruang komunal. Dengan demikian, tamu yang menggunakan ruang komunal pun merasa lebih nyaman.

Tambahkan Tanaman

Kamu bisa menghias ruang komunal agar tampak lebih menarik dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan tanaman, baik di dalam vas maupun pot yang menggantung.

Namun, perhatikan bahwa tidak semua ruang komunal seperti kamar mandi cocok untuk diberi tanaman. Selain itu, pastikan tata letak tanaman tersebut agar tidak membahayakan diri sendiri maupun tamu. Misalnya adalah jangan letakkan tanaman terlalu dekat dengan kompor di dapur bersama.

Perhatikan Pencahayaan Ruangan

Tips lain yang bisa kamu pertimbangkan adalah memperhatikan pencahayaan ruangan. Usahakan agar ruangan terlihat terang saat siang hari tanpa perlu menggunakan lampu. Hal ini dapat membuat ruangan menjadi lebih cerah dan menyenangkan.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan penggunaan lampu di ruang komunal. Usahakan agar lampu tersebut cukup menerangi ruang komunal di malam hari, namun tidak membuat mata silau.

Lengkapi dengan Dekorasi dan Cermin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beragam dekorasi dapat kamu gunakan untuk menghias ruang komunal. Selain tanaman, kamu juga bisa menggunakan lukisan, tirai, hingga makrame.

Di samping itu, kamu juga bisa memasang cermin di ruang komunal. Selain dapat meningkatkan estetika, cermin juga bisa membawa manfaat bagi tamu.

4 Inspirasi Desain Ruang Komunal

Waterproof Semen
Unplash

Apakah kamu masih bingung dengan desain ruang komunal yang ingin digunakan? Cobalah untuk memilih salah satu dari beberapa desain di bawah ini:

Desain Urban Industrial

Saat ini, banyak ruang komunal yang menerapkan desain urban industrial. Desain ini menonjolkan warna dari cor beton, sehingga umumnya memiliki dinding dan tiang berwarna abu-abu. Selain itu, berbagai instalasi listrik dan air akan dibiarkan sengaja terlihat.

Supaya tidak membosankan, kamu bisa menambahkan warna bagi perabotnya. Misalnya adalah warna monokrom seperti hitam yang diberi garis kuning di bagian tepinya.

Desain Modern Minimalis

Desain kedua yang bisa digunakan untuk ruang komunal adalah modern. Dengan desain modern minimalis, kamu bisa membuat ruang komunal lebih kekinian sehingga tak ketinggalan zaman.

Umumnya, desain ini mempunyai konsep terbuka. Dengan demikian, ruang komunal dapat memperoleh pencahayaan alami dengan maksimal. Selain itu, desain ini terlihat simple sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya.

Desain Taman Bermain

Tertarik dengan desain taman bermain? Cobalah untuk menambah ayunan pada ruang komunal milikmu. Selain itu, gunakan bean bag dan karpet rumput sintetis. Hal-hal ini bisa membuat ruang komunal semakin menarik dan membuat tamu merasa nyaman.

Desain Warna-warni

Ingin menghadirkan keceriaan di ruang komunal? Jika iya, maka kamu bisa menggunakan desain warna-warni. Sesuai namanya, berbagai warna bisa kamu gunakan untuk ruang komunal ini.

Dalam penerapannya, gunakan warna-warna primer yang kontras. Warna-warna ini bisa dipadukan dengan pola yang menarik serta furnitur yang simetris. Kamu juga bisa menambahkan karpet berbentuk rumput sintetis sebagai alasnya.

Kesimpulan

Ruang komunal akan terasa lebih nyaman jika kamu mempertimbangkan berbagai tips di atas. Selain itu, kamu juga bisa mendesain ruang komunal sesuai selera.

Jika kamu sudah siap mendesainnya, maka lem waterproofing semen SikaTop®-107 Plus dapat digunakan agar ruang komunal lebih awet.

Berbagai kelebihan bisa diperoleh dari semen ini, seperti komposisi yang mudah untuk aplikasi kedap air, berketahanan yang baik terhadap abrasi dan pengikisan, tidak beracun untuk tangki air minum, kolam ikan, dan kolam renang, lumayan fleksibel, hasil produksi pabrik – kualitas konsisten, dan mudah digunakan dan diaplikasi cukup dengan mixing kedua material.

Tak perlu khawatir akan kualitasnya, karena Sika telah berpengalaman selama 113 tahun dalam menangani berbagai proyek, termasuk MRT. Sika juga menjadi pencetus semen kedap air pertama di Indonesia.

Setelah mengetahui apa itu waterproofing semen SikaTop®-107 Plus, kamu bisa langsung menggunakannya untuk proyek komunal, termasuk hostel. Informasi detail, klik di sini!
. . .

Tidak ada komentar:

Spamming? Nope!

Send Me Your Questions Here!

edigitalife.id@gmail.com

. . . . . .